Rabu, 30 Oktober 2013

Garuda OS, Sistem Operasi Kebanggaan Rakyat Indonesia

 
GARUDA OS adalah sebuah operation system buatan asli dari Indonesia. Saat ini sendiri, para pengguna computer di Indonesia masih banyak yang menggunakan system operasi Windows. Diperkiran ada sekitar 97% dari masyarakat Indonesia yang masih menggunakannya. Garuda OS sendiri adalah system operasi yang baru saja diluncurkan pada bulan Mei 2011 bertepatan dengan menyambutnya Hari Kebangkitan Nasional, yang mana memang diharapkan dengan diluncurkannya Garuda OS dapat dijadikan sebagai era kebangkitan bidang teknologi informasi bagi rakyat Indonesia. Garuda OS mungkin belum begitu terkenal seperti  system operasi lainnya seperti Windows, Linux, ataupun Mac OS. Namun, setidaknya Garuda OS dapat berfungsi dengan baik dan memiliki tampilan fitur-fitur yang baik pula. Di samping itu, system operasi Garuda juga merupakan OS yang dapat diperoleh secara bebas (Open Source) tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli  lisensinya. OS ini merupakan suatu bentuk modifikasi dari Linux, akan tetapi tetap saja Garuda OS ini dianggap sebagai hasil karya anak Bangsa. Beberapa fitur yang terdapat pada Garuda OS antara lain sebagai berikut:
  • Inti (kernel Linux) sistem operasi : 2.6.38.7
  • Desktop : KDE 4.6.3
  • Dukungan driver VGA (Nvidia, ATI, Intel, dll)
  • Dukungan Wireless untuk berbagai perangkat jaringan
  • Dukungan perangkat printer lokal ataupun jaringan
  • Dukungan format populer multimedia (flv, mp4, avi, mov, mpg, mp3, wma, wav, ogg, dan lain-lain)
  • Dukungan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta 60 bahasa dunia lainnya (Jepang, Arab, Korea, India, Cina, dan lain-lain)
  • Dukungan untuk instalasi berbagai macam program aplikasi dan game (online) berbasis Windows
  • Dukungan untuk berbagai macam dokumen dari program populer berbasis Windows (seperti Photoshop, CorelDraw, MS Office, AutoCAD, dan lain-lain)
  • Dukungan Font Aksara Indonesia.
  • Dukungan Font Google Web.
Kelebihan Garuda OS yang lain adalah ia sangat aman digunakan,  jauh dari gangguan virus computer.  Ia juga memiliki stabilitas yang tinggi, karena sistem operasi ini diturunkan dari keluarga UNIX yang mengutamakan stabilitas dan keamanan dalam berkomputer.  Untuk masalah tampilan pun ia sudah memakai konsep 3D untuk desktopnya sehingga mudah dan nyaman digunakan. Semua orang bisa menggunakan OS  ini untuk kebutuhan mereka masing-masing. Tidak perlu dikhawatirkan bila seseorang tidak mengerti bagaimana menjalankan komputer yang memakai Garuda OS sebagai system operasinya, karena Garuda OS sendiri mendukung penggunaan bahasa Indonesia dalam sistemnya disertai dengan berbagai macam program dari berbagai kategori. 
So, tunggu apa lagi?

Minggu, 20 Oktober 2013



Keterampilan Interpersonal #part4
Assalamualaikum, wr, wb
            Kali ini mata kuliah KI udah mencapai pertemuan ke 4. Pada pertemuan kali ini mata kuliah KI indoor membicarakan tentang macam-macam metode pembelajaran. Pada awal pertemuan kelas saya ditayangkan 2 video. Video pertama adalah tentang tutorial pembelajaran salah satu mata kuliah di Universitas ternama di luar negeri. Dalam mata kuliah tersebut menjelaskan tentang bagaimana sebuah program di computer bias berjalan. Video kedua adalah video visual yang isinya adalah bagian-bagian dari kedudukan seseorang di suatu perusahaan beserta peran fungsunya.
            Metode pembelajaran adalah bagaimana cara seseorang atau sekelompok orang untuk menyerap ilmu yang mereka pelajari agar ilmu tersebut mudah terserap oleh otak kita dengan baik. Metode pembelajaran yang kami bahas ada 3, yaitu visual, auditory, dan kinaesthetic. Metode visual adalah metode pembelajaran yang lebih mengedepankan kepekaan mata dalam melihat, contohnya adalah membuat bagan atau mind map. Auditory adalah metode yang mengedepankan pendengaran dalam menyerap ilmu, contohnya adalah mendengar lagu atau dibuat pantun/puisi. Dan metode pembelajaran kinaesthetic adalah metode pembelajaran yang menggunakan sebuah permainan yang ada di dalamnya untuk menyampaikan suatu materi. Seperti permainan kartu, dsb.
            Pada akhir pertemuan kita diberi tugas untuk mempresentasikan sdan mengaplikasikan salah satu dari 3 metode pembelajaran tersebut. Dan kelompok saya mendapat bagian metode pembelajaran auditory

Kamis, 03 Oktober 2013


Keterampilan Interpersonal #part 3
Assalamualaikum, wr, wb.
            Kali ini saya memasuki mata kuliah KI minggu berikutnya. Sebenarnya tema pada kuliah ini masih sama yaitu tentang teknis belajar. Oh iya, sebelumnya kita diberi penugasan terlebih dahulu oleh Bu Raras. Tugas yang pertama adalah mencari buku di www.goodreads.com dan kemudian kita membuat resensi singkat tentang buku tersebut. Aku sedikit kesulitan dalam membuat resensi ini karena bukunya di halaman web tersebut mayoritas berbahasa Inggris. Jadi jujur aja aku gak baca semua buku, Cuma poin-poin yang penting aja he..he.. Tugas yang kedua yaitu kita disuruh mengisi dan print out kuesioner yang di upload bu Raras di share.its.ac.id. Kuesioner masih tentang belajar.
            Pada waktu pertemuan mata kuliah kita disuruh mengumpulkan tugas resensi yang sudah kita buat hari sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan membahas kuesioner belajar yang telah diberikan dan diisi oleh masing-masing anak. Dalam pembahasan kuesioner belajar tersebut didapatkan kesimpulan bahwa mahasiswa yang baik dan sukses yaitu kurang lebih harus:
  1. Mempunyai pikiran bahwa mata kuliah yang didapat  ada manfaatnya;
  2. Tidak boleh telat masuk kelas;
  3. Mengumpulkan tugas tepat waktu
  4. Memiliki sistem kerja untuk menyimpan catatan;
  5. Berkontribusi dalam kelas;
  6. Mempunyai track buku baca;
  7. Memiliki ruangan belajar yang nyaman;
  8. Memiliki akses untuk ke perpustakaan dan paham bagaimana perpustakaan diorganisasikan; dan
  9. Dapat memanage waktu sebaik-baiknya

Demikian kesimpulan saya pribadi mengenai perkuliahan pada hari itu

Wassalamualaikum, wr, wb