Rabu, 18 September 2013


Keterampilan Interpersonal #part 2
Assalamualaikum wr, wb
Kali ini saya Andre Firmansyah dari kelas D semester 1 jurusan sistem informasi sudah menjalani pertemuan ke-2 mata kuliah Keterampilan Interpersonal. Pada pertemuan ke-2 ini saya dan teman-teman lain dari kelas D memperoleh materi tentang bagaimana teknis belajar yang benar dan referensi. Slide awal powerpoint bertuliskan, “Study How to Study”. Kata-katanya membingungkan bukan?. Memang materi kali ini adalah menjelaskan tentang bagaimana cara teknis belajar yang benar. Agar proses belajar yang dilakukan menjadi efektif dan efisien, yaitu dari definisi belajar sendiri adalah proses penerapan pemikiran.

Fungsi belajar ada 2, yaitu berguna bagi masa depan dan untuk memperbaiki hidup kita. Agar yang ilmu kita dapatkan berguna tentunya kita harus memotivasi diri sendiri. Banyak langkah yang dilakukan untuk memotivasi diri kita, diantaranya:
  1. Kenali diri,
  2. Tanggung jawab terhadap apa yang dipelajari,
  3. Anggap kegagalan adalah sukses yang tertunda, dan
  4. Rayakan sukses yang dicapai untuk mencapai (tujuan/goal) berikutnya.
Lingkungan belajar juga sangat perlu di optimalkan sebagai pendukung suasana belajar yang baik. Menurut Virginia Polythecnic Institute & State University, 2009, cara mengontrol belajar ada beberapa macam, yaitu:
  1. Cari tempat yang nyaman untuk belajar
  2. Konsentrasi
  3. Sebelum mengerjakan tugas, tentukan kapan saat selesai yang diharapkan
  4. Tentukan tujuan jangka pendek. Bagi tugas menjadi beberapa sub-section. Bentuk tugasnya dalam kelompok kecil, dll.

Dalam belajar kita akan mengenal yang namanya Pustaka. Pustaka adalah suatu bahan pembelajaran kita dimana tempat kita memperoleh informasi sebagai ilmu. Pustaka ada berbagai macam. Ada yang berbentuk buku atau cetak, bahan terekam seperti CD dan sejenisnya atau dalam bentuk penulisan ilmiah yang biasa disebut Referensi. Dalam pembelajaran kali ini kita juga diberi matero tentang penulisan buku yang benar. Dari mulai cover, isinya, sampai daftar pustaka.
Pada akhir jam kuliah kita diberi tugas untuk mencari satu makalah ilmiah dan menentukan bagian-bagiannya seperti abstrak, latar belakang, tinjauan kata, metodologi, hasil-hasil, kesimpulan dan saran dan daftar pustaka. Makalahnya bias dicari di si.its.ac.id/info/sisfo/ atau di scholar.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar