Followers

Rabu, 30 Oktober 2013

Garuda OS, Sistem Operasi Kebanggaan Rakyat Indonesia

 
GARUDA OS adalah sebuah operation system buatan asli dari Indonesia. Saat ini sendiri, para pengguna computer di Indonesia masih banyak yang menggunakan system operasi Windows. Diperkiran ada sekitar 97% dari masyarakat Indonesia yang masih menggunakannya. Garuda OS sendiri adalah system operasi yang baru saja diluncurkan pada bulan Mei 2011 bertepatan dengan menyambutnya Hari Kebangkitan Nasional, yang mana memang diharapkan dengan diluncurkannya Garuda OS dapat dijadikan sebagai era kebangkitan bidang teknologi informasi bagi rakyat Indonesia. Garuda OS mungkin belum begitu terkenal seperti  system operasi lainnya seperti Windows, Linux, ataupun Mac OS. Namun, setidaknya Garuda OS dapat berfungsi dengan baik dan memiliki tampilan fitur-fitur yang baik pula. Di samping itu, system operasi Garuda juga merupakan OS yang dapat diperoleh secara bebas (Open Source) tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli  lisensinya. OS ini merupakan suatu bentuk modifikasi dari Linux, akan tetapi tetap saja Garuda OS ini dianggap sebagai hasil karya anak Bangsa. Beberapa fitur yang terdapat pada Garuda OS antara lain sebagai berikut:
  • Inti (kernel Linux) sistem operasi : 2.6.38.7
  • Desktop : KDE 4.6.3
  • Dukungan driver VGA (Nvidia, ATI, Intel, dll)
  • Dukungan Wireless untuk berbagai perangkat jaringan
  • Dukungan perangkat printer lokal ataupun jaringan
  • Dukungan format populer multimedia (flv, mp4, avi, mov, mpg, mp3, wma, wav, ogg, dan lain-lain)
  • Dukungan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta 60 bahasa dunia lainnya (Jepang, Arab, Korea, India, Cina, dan lain-lain)
  • Dukungan untuk instalasi berbagai macam program aplikasi dan game (online) berbasis Windows
  • Dukungan untuk berbagai macam dokumen dari program populer berbasis Windows (seperti Photoshop, CorelDraw, MS Office, AutoCAD, dan lain-lain)
  • Dukungan Font Aksara Indonesia.
  • Dukungan Font Google Web.
Kelebihan Garuda OS yang lain adalah ia sangat aman digunakan,  jauh dari gangguan virus computer.  Ia juga memiliki stabilitas yang tinggi, karena sistem operasi ini diturunkan dari keluarga UNIX yang mengutamakan stabilitas dan keamanan dalam berkomputer.  Untuk masalah tampilan pun ia sudah memakai konsep 3D untuk desktopnya sehingga mudah dan nyaman digunakan. Semua orang bisa menggunakan OS  ini untuk kebutuhan mereka masing-masing. Tidak perlu dikhawatirkan bila seseorang tidak mengerti bagaimana menjalankan komputer yang memakai Garuda OS sebagai system operasinya, karena Garuda OS sendiri mendukung penggunaan bahasa Indonesia dalam sistemnya disertai dengan berbagai macam program dari berbagai kategori. 
So, tunggu apa lagi?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar